Senin, 29 September 2014

Menanam pohon Aren (KATE GENJAH ATAWA DALAM), Fun Beatiful and Get Rich

Oleh: Johan Bukit

AYO BERTANI
Apa apaan tuh nanam pohon aren saja pake ngomong londo Fun.... Beautiful.... and Get Rich..... He he he..... boleh dong sekali kali ngomong londo membuat moto nanam aren biar  keren dan banyak yg nanam aren.......

Begini lo moto itu kalau kita coba artikan Menyenangkan..... Cantik.... dan Menjadi Kaya... aduh asyik banget apa bener bisa ya ??

Sewaktu saya mencoba serius menanam aren saya pertama2 di thn 2007 dipanggil oleh BIBI (kaka ibu) saya begini katanya.... Johan kamu sekarang serius ke penanaman Aren ya ? Saya bilang iya. Jawabanya apa masi hidup kamu pohon are itu sangat lama panen 7 sd 8 tahun walah bingung saya menjawabnya he he he.

Setelah mengadakan pengamatan kebeberapa daerah memang ada pohon aren KATE, GENJAH tetapi saya bertanya apa kuat dan bisa banyak air niranya dibanding dengan aren DALAM yang tumbuh sehat di lereng gunung Sibolangit secara alami d liar kah ?? Dan berapa banyak yang harus saya tanam untuk menjadi kaya WOU......... putar otak deh..... ayo kita simak deh akal2an nya....


Di Desa Buluh Awar Kec Sibolangit (AREN CENTER & VILLA ARENKU)
----------------------------------------------------------------------------------------------

Maka saya berexperience disebuah tanah yang tadinya tidak berharga di AREN CENTER di sebuah desa kecil BULUH AWAR diatas tanah seluas 9000m dipinggir bantaran Kali saya berhitung.

1/. Tempat ini harus menjadi tempat yang menyenangkan agar saya tidak bosan datang ketempat ini saya hidupkan sawah nya dan sebagian kolam ikan, saya buat di sungai tempat mandi dan jalan setapak disepanjang sungai, saya tanam berbagai pohon yang saya suka makan dan berbuah lebih cepat dari aren dalam, al durian, alpokat, manggis, kelapa, kecombra, padi dll. Diselah2 pohon itu 300 pohon aren. Dgn rincian 1000m rumah dan jalan, 4000m sawah 4000m bantaran kali

2/. Eh...... ternyata setelah ditata rapi cantik sekali tempat itu maka saya jadikan VILLA ARENKU dan AREN CENTER deh.... unik dan nyaman duduk dan tidur mendengarkan suara air sungai dan alam karena tempat itu didalam kurungan kawasan hutan lindung air melimpah dan ngada polusi CO2. Oleh karena masy desa itu kebanyakan bertani aren ya sudah dibuat sentra aren deh. Dan Villa itu disewakan untuk umum.

Nah akalnya sebelum pohon aren DALAM menghasilkan ya ayo dicoba tanaman yg lain yang bisa menghasilkan.  Tuhan khan memberikan kita banyak type pohon, maka "banyak pohon banyak rejeki" he he bukan anak de... Ya udah saya tanam pohon lain,

Al sawah dgn Padinya 3x setahun panen karena air cukup, Kolam ikan ada terus nila dan ikan mas gampang bertelur, pohon kecombra, pohon pisang, pohon pete dan manggis, durian asal ada tanah yang kosong ditanam aza nga mati tanamannya malah tanah nya makin subur kalo agroforest........

3/. Saya berhitung POHON AREN AJA..... 300pohon aren banyak ndak tu hasilnya ?? Kalau pohon aren saya sehat dan saya sehat maka 7 thn lagi satu pohon aren saya bisa mengeluarkan 20,000 liter masi jauh dari pohon aren liar 36,000liter Kalau dihargai rp 2000per liter dgn harga sekarang maka satu pohon aren ku berharga rp 40 jt sampai pohon tersebut matek. COBA KITA HITUNG 300 x Rp 40Jt = Rp 12 Milyard walah kalau sdh tua banyak toh asset itu bener ngak ???

Aren tertanam rapi sepanjang sungai 300 pohon menyatu dgn padi d pohonan lain nya

Di Desa Pasir Angin Kec Cileungsih Kab Bogor
----------------------------------------------------------

Uh sebidang tanah yang seumprit seluas 1800m dulunya penuh dengan lalang tanahnya sudah rusak disumpahi pemilik dan daipit oleh hutan..... yah hutan pabrik maksud saya ha ha.... benar disekitar kec cileungsih sdh penuh pabrik akibatnya manusianya malas bertanam malas banget oi................

Lihat apa yg saya maksud dgn Agroforest itu ya ditanah yg cuman 1800m itu ya Karena disamping saya masih tersisa peternak ayam telur maka tai ayam murah deh dan air ya saya pompa de saya nikmati juga disini mari kita lihat sdh jadi hutan agroforest yg baik dgn pohon aren type Dalam.



Ada 50 pohon aren dan pembibitan Aren

Sepuluh Pohon sukun membuatku ndak pernah beli buah sukun

Kantor Pusat UD KT Aren dan masak gula Aren

Dua puluh Pohon Jati Salomo
Nyaman dan menyenangakan apalagi lokasinya ndak jauh dari kedaiaman saya saat ini saya mendapatkan buah nangka sukun dan tahun depan akan ada kemiri dan durian motong berikut pete ndak lupa saya akan mulai menghasilkan bibit kecombra, cabe dan pepaya dan menanam nya dibawah pohon yang sdh besar itu. Disini ada 50 pohon aren yg tumbuh bagus nah kl disini harga air nira bisa rp 5000 per liter. Yah jadi menyenangkan deh menunggu pohon aren menghasilkan.


Bibit Kecombrang Dijual



Ha ha seperti yg kita dengar pepatah ya kalau kita menanam ya kita nikmati hasilnya oleh sebab itu mari menanam deh biar kita menikmati hasilnya.

Ya udah saya buat deh penanaman aren saya motto nya FUN BEAUTIFUL And GET RICH atau MENYENANGKAN CANTIK dan MENJADI KAYA sambil membantu konservasi dunia mengurangi pemanasan global gitu az a deh he he


AYO SIAPA YANG MAU IKUTAN ..... asal ada tanah jangan dibiarkan kosong tanahnya mari kita jadikan tempat yang berguna dan cukup ........ hubungi saya deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar