Minggu, 12 Mei 2013

Aren, ATM Ku dan Desaku

Oleh: Johan Bukit.

Ember.....ndak percaya ya ?? Bagaimana bisa pohon aren jadi ATM Petani dan Desa ?? Tapi ini memang sebenarnya dan sudah terjadi dan  kali ini pengarang akan membawa anda di dua desa yang telah berhasil menikmati hasil panen dari menanam pohon aren dan perdagangan nya sangat sederhana yang manfaatnya besar sekali, mari lihat kedua Desa tersebut yang keduanya sangat berjauhan tak ada komunikasi antar desa ini satu di SUMATRA UTARA satu lagi di NTT.

1/. Desa Buluh Awar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara.



Lokasi Desa ini satu jam dari Kota Medan kearah Kabupaten Tanah Karo, setelah sampai di Kota Kecamatan Sibolangit kita harus turun melalui jalan berbatu sejauh 6 km, sampailah ke Desa Buluh Awar sepi ditengah tangah lembah dan hutan ringan.

Penduduk menanam aren untuk diambil Niranya dijual di pengepul yang sudah siap menampung setiap pagi hari datang dengan Mobil angkutan dengan harga rp 1,500 / liter. Dapat kita lihat kesibukan setiap pagi para petani jam 6 sdh ke pohon arennya mengganti tabung bambu baru dan menjual aren yang dihasilkan. Begitu juga sore harinya sehingga sehari dari satu pohon bisa menghasilkan antara 20 sd 40 liter air Nira.




Desa Buluh Awar memasok sekitar 2000 liter per hari atau 2000 x 1,500 = rp 3,000,000. untuk kebutuhan minuman tuak ke kota Medan. Nah disini para petani menerima uang tunai rata2 rp 3 juta per hari atau desa ini menerima penghasilan dari Aren sebesar rp 90 jt per bulan. Geliat ekonomi desa ada 3 kedai kopi buka sampai jam 2 malam setiap hari, dan bagi petani yang mempunyai Pohon Aren hidupnya pasti lebih sejahtera dari yang tidak tanam pohon Aren.

Seminggu sekali adanya hari pekan di Sibolangit petani juga menjual Gula Aren dengan harga rp 15,000 per kg. Desa Buluh Awar memasok sekitar 2/3 ton Gula Aren per minggu tergantung kesiapan Petani memasak gula aren oleh karena masak Gula aren konvesional lama lebih kurang 6 jam petani merasa malas lebih baik jual nira manis. Jangan lupa Pembeli Gula Aren asli sangat banyak di Sumut tetapi jumlah Gula Aren Asli tidak sebegitu banyak, karena tingginya kebutuhan Tuak manis dan asam. Di Medan sangat banyak penjualan Gula Aren campur (dgn Gula Putih, Gula Tebu atau Kelapa).

Terimakasih Saya Ucapkan kepada rekan kerja saya yang telah memungkinkan mendirikan Aren Center dan Goeboek Aren ku di Desa Buluh Awar antara lain
1/. Kepala Desa Buluh Awar                  Obet Bukit
2/. Sekdes Buluh Awar                          Abadi Tarigan
3/. Ketua Gapoktan Aren Buluh Awar    Alex Tarigan
4/. Pdt GBKP Buluh Awar                     Rocky M Tarigan
5/. Anggota Gapoktan                            Kitab, Raya, Benyamin, Rahman, Tagih.


2/. Desa Pusuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.




Lokasi Desa ini di Jalan Kabupaten Lombok Barat kira2 satu jam dari kota Mataram kearah pegunungan ke Kabupaten Lombok Utara. Perdagangan Air Nira manis didesa ini sangat unik, sepajang lebih kurang 5 km jalan Kabupaten telah menjadi tanaman aren dan di tempat tertentu Jalan tersebut menjadi rest area untuk duduk bersantai sambil menikmati air  nira manis yang dingin.

Menarik hutan di jaga oleh para Petani hijau dan bersih, agar menghasilkan Air Nira manis dari pohon aren, yang dicampur sari dengan pohon milinjo dan Durian kampung, oleh karena disini perdagangan langsung petani dapat memetik harga yang lebih baik rp 2,500 / liter.



Diperkirakan sehari perdagangan air nira manis sebanyak 5000 liter dengan harga penerimaan petani rp 2,500/l atau rp 12,500,000 per hari. Dan apabila air nira aren tak laku dijual maka sorenya akan dimasak menjadi Gula Aren yang akan dijual denga harga berkisar rp 14,000/kg.


Maka tak heran beberapa petani Aren yang rajin memiliki kios sendiri  telah melaksanakan Umroh ke tanah Suci, hasil dari Air Nira Manis sebuah pohon Aren.

3/. UD Kelompok Tani Aren Indonesia, saat ini lagi mempersiapkan dua Desa di Kabupaten Bogor untuk ikut serta menikmati menjadi kan pohon Aren menjadi ATM KU dan DESA KU.

Ingin Ikut Serta ??? Silahkan hub UD KT Aren Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar